Back to Top

Macam-Macam Konflik Cerita

Halo, Authors.

Pada artikel sebelumnya, kita membahas tentang Konflik dalam Cerita. Jika kamu belum membacanya, saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu.

Secara umum, konflik dalam cerita ada konflik eksternal dan konflik internal. Di atas keduanya, ada konflik filosofis yang memiliki makna lebih dalam di dalam sebuah cerita.

Sekarang, kita akan jabarkan lebih banyak tentang jenis-jenis konflik yang biasa muncul dalam cerita. Jenis-jenis ini merupakan pengembangan dari konflik internal dan konflik eksternal, dan kamu akan tahu mana-mana saja yang termasuk konflik eksternal dan mana yang termasuk internal. Langsung saja, kita bahas satu per satu.

1. Manusia VS Manusia

Dari namanya saja sudah cukup jelas, kan, ya? Konflik jenis ini menunjukkan permasalahan tokoh utama melawan manusia lainnya. Ini bisa saja permasalahan antarteman, musuh di sekolah, atau musuh yang benar-benar jahat. Contohnya, geng cewek-cewek cantik yang diketuai oleh Regina George dalam drama Mean Girls yang dibintangi oleh Lindsay Lohan, atau Voldemort yang dilawan oleh Harry dalam film seri Harry Potter.

2. Manusia VS Alam

Pernahkah kamu menonton The Day After Tomorrow atau 2012 yang dulu sempat menghebohkan publik karena menggambarkan kiamat? Inilah contoh konflik manusia melawan alam. Karya tulis yang dianugerahi penghargaan Pulitzer Prize for Fiction sekaligus peraih Nobel dalam sastra, The Old Man and the Sea karangan Ernest Hemingway yang menceritakan pelaut tua melawan ikan marlin juga termasuk di sini.

3. Manusia VS Diri Sendiri

Jika dua jenis konflik yang telah disebutkan di atas merupakan konflik eksternal, jenis konflik ketiga ini merupakan konflik internal. Tokoh utama harus mengatasi sifat dasarnya sendiri atau membuat pilihan antara dua jalan atau lebih—baik dan jahat; logika dan emosi. Contoh cerita dengan konflik utama ini adalah novel Fight Club karangan Chuck Palahniuk yang telah diadaptasi dalam film berjudul sama dan dibintangi oleh Edward Norton dan Brad Pitt. Kisah ini menceritakan tentang protagonis tanpa nama yang membentuk klub pertarungan bersama seorang sales sabun yang di akhir cerita diungkapkan bahwa si tokoh utama mengalami dissociative identity disorder.

4. Manusia VS Masyarakat

Ini sebenarnya merupakan pengembangan dari konflik “manusia vs manusia”. Bedanya, di sini yang dilawan adalah masyarakat atau kelompok. Tokoh utama dipaksa membuat pilihan moral atau dibuat frustrasi oleh peraturan sosial dalam memenuhi tujuan mereka. Contohnya, dalam Charlotte’s Web ketika si babi Wilbur berjuang untuk bertahan hidup melawan masyarakat yang memelihara babi untuk makanan. Tokoh utama di sini memang bukan “manusia”, tetapi secara umum pengertiannya sama. The Maze Runner dan The Hunger Games merupakan contoh lainnya.

5. Manusia VS Kekuatan Supernatural

Seperti namanya, di sini konflik yang terjadi adalah manusia melawan kekuatan supernatural. Contoh yang paling jelas untuk konflik jenis ini adalah film waralaba Final Destination. Film ini menceritakan bagaimana tokoh-tokohnya berjuang melawan kekuatan gaib untuk menghindari kematian.

6. Manusia VS Teknologi

Konflik ini menunjukkan manusia melawan hasil dari penemuan sains. Hal paling penting dari konflik jenis ini adalah setting-nya. Karena permasalahannya berpusat di antara manusia dan teknologi, latar lokasi dan waktu yang ada pun harus sejalan sehingga memungkinkan cerita terjadi. Oleh karena itu, kebanyakan konflik jenis ini ada pada fiksi ilmiah. Terminator, The City of Ember, A Space Odyssey, dan I, Robot merupakan beberapa contohnya.

Itulah 6 Jenis Konflik dalam Cerita. Dalam penerapannya, bisa saja sebuah cerita memiliki dua atau lebih jenis konflik. Misalnya, dalam The City of Ember, tokoh utama tak hanya melawan teknologi Kota Ember yang semakin rapuh, tetapi juga melawan masyarakat yang sudah terbiasa hidup di dalam tanah. Harry Potter tak hanya tentang manusia yang memiliki kekuatan sihir, tetapi juga kekuatan yang berada di luar batas pengetahuan seperti kekuatan dalam tiga relikui kematian atau pecahan jiwa dalam horcrux. Dan, tentunya konflik melawan diri sendiri.


Share

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.