Back to Top

NOVEL: Pengertian dan Perbedaan

Hello Author! Saya percaya kamu adalah orang yang senang menulis. Sama dengan saya.

Berdasarkan bentuknya, karya tulis dibagi menjadi dua. Satu yang terikat disebut puisi dan satu yang bebas disebut prosa. Prosa sendiri dibagi menjadi fiksi dan nonfiksi. Novel adalah salah satu bentuk fiksi.

Pengertian novel dalam KBBI ialah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Novel yang pendek disebut novelet atau novela, yang dalam KBBI didefinisikan sebagai kisahan prosa rekaan yang lebih panjang dan lebih kompleks daripada cerita pendek, tetapi tidak sepanjang novel, jangkauannya biasanya terbatas pada satu peristiwa, satu keadaan, dan satu tikaian.

Panjang novela pada umumnya 20.000–50.000 kata, sedangkan novel dimulai dari 50.000 kata dan bervariasi panjangnya tergantung genre yang dibawakan dan kompleksitas cerita, seperti misalnya pada novel epik yang bisa mencapai 200 ribu kata atau lebih. (BACA: Epik dalam Karya Sastra)

Secara umum, penulisan novel diawali dengan pengenalan karakter, peristiwa yang mendasari konfliks, perluasan konflik hingga mencapai klimaks, hingga penyelesaian dan akhir cerita. Jessica Brody dalam bukunya, Save the Cat! Writes a Novel, The Last Book on Novel Writing You’ll Ever Need yang ditulis berdasarkan buku Blake Snyder berjudul Save the Cat! The Last Book on Screenwriting You’ll Ever Need menyebutkan bahwa setiap kisah hebat yang pernah diceritakan memiliki tiga fondasi penting: plot, struktur, dan transformasi karakter. Sementara itu, James Scott Bell dalam Elements of Fiction Writing: Conflict and Suspense menuliskan bahwa konflik dan ketegangan adalah peralatan seni yang akan membawa masalah dalam cerita ke pembaca. (BACA: Elemen-Elemen Penting dalam Menulis Novel)

Share

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.